4 Cara Kembalikan File Yang Terkunci Oleh Virus Ransomware

Sangat disarankan untuk tidak membayar ransom kepada siheker atau hacker karena itu hanya akan mendorong mereka untuk terus melakukan tindakan yang tidak etis tersebut. 

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencoba mengembalikan file yang dikunci oleh siheker: 


 • Gunakan Anti-Virusy

Coba gunakan perangkat lunak anti-virus yang terbaru untuk memindai sistem Anda dan bersihkan virus atau malware yang mungkin menyebabkan file Anda dikunci. 

 • Gunakan Tool Dekripsi

Beberapa perusahaan keamanan siber menawarkan tool dekripsi yang dapat membantu memulihkan file Anda. Coba cari situs web yang menawarkan tool tersebut dan ikuti instruksinya. 

 • Gunakan Backup

Jika Anda membackup file Anda secara teratur, maka Anda dapat memulihkan file yang hilang dari backup Anda. 

 • Hubungi Pakar Keamanan Siber

Jika Anda tidak dapat mengembalikan file Anda secara independen, maka Anda bisa meminta bantuan dari pakar keamanan siber. Mereka dapat memeriksa sistem Anda dan membantu Anda membuat rencana pemulihan. 

Namun, perlu diingat bahwa jasa mereka biasanya tidak murah. Jangan lupa untuk selalu melakukan tindakan pencegahan yang tepat, seperti menghindari membuka email atau tautan yang mencurigakan, menginstal perangkat lunak anti-virus dan firewall yang kuat, dan melakukan backup secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak terduga.

0 Komentar