Bagaimana Cara Mencegah Serangan DDOS Pada Suatu Aplikasi Website



Bagaimana cara untuk menjaga keamanan web dari serangan DDoS adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan layanan proteksi DDoS dari penyedia hosting atau penyedia layanan keamanan yang terpercaya

Bergabung dengan layanan proteksi DDoS akan membantu dalam mengamankan website dari serangan DDoS, dengan mengurangi dampak serangan DDoS pada website.

2. Mengatur server

Selalu perbarui software dan perangkat lunak server, gunakan firewall untuk membantu mencegah akses dari pengguna yang tidak sah, serta tambah perangkat lunak keamanan, seperti IDS (intrusion detection system) dan IPS (intrusion prevention system).

3. Gunakan DNS Anycast

Cara ini terbukti efektif dalam mencegah serangan DDoS besar dan upaya pemblokiran alamat IP yang seringkali dilakukan oleh penyerang.

4. Konfigurasi server web

Secure Sockets Layer / Transport Layer Security (SSL/TLS) dapat membantu melindungi data yang ditransmisikan melalui website dari serangan DDoS.

5. Dampingi trafik menggunakan Content Delivery Network (CDN)

CDN dapat membantu dalam mempercepat waktu muat halaman, meningkatkannya kecepatan website dan mengurangi dampak dari serangan DDoS.

6. Hapus daftar IP wajib

Memperbarui daftar IP wajib secara teratur dapat membantu menghilangkan akses dari pengguna yang tidak sah dan menekan peluang terjadinya serangan DDoS.

7. Tingkatkan kinerja website

Kinerja website yang lebih baik bisa mengurangi dampak dari serangan DDoS dan membuat website lebih tahan terhadap serangan tersebut. Hal ini dapat dicapai dengan mengoptimalkan database dan server web, memebersihkan cache dan meningkatkan keandalan jaringan. 

Selalu ingatlah bahwa serangan DDoS bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, perlu melakukan pemantauan yang ketat dan memberi insentif pada tim untuk melihat setiap tanda-tanda akan terjadinya serangan DDoS.

0 Komentar