Broken Link Hijacking: Memahami Ancaman dan Cara Mencegahnya

Broken Link Hijacking
Broken link hijacking adalah teknik yang digunakan oleh penjahat siber untuk mencuri lalu lintas web dari situs lain. Dalam serangan ini, penyerang mencari tautan yang tidak lagi aktif atau rusak di situs web korban, kemudian mereka mengambil alih tautan tersebut dengan menempatkan tautan ke situs web mereka sendiri. Ketika pengunjung mengklik tautan tersebut, mereka akan dibawa ke situs web penyerang, bukan ke halaman yang seharusnya.

Ini sangat merugikan bagi pemilik situs web yang menjadi target serangan karena mereka kehilangan lalu lintas dan bisnis potensial. Selain itu, serangan ini juga dapat membahayakan pengunjung situs web yang tidak menyadari adanya perubahan pada tautan yang mereka klik. Jika situs web yang dituju oleh tautan baru tersebut berisi malware atau konten berbahaya lainnya, maka pengunjung dapat terkena serangan tersebut.

Untuk mencegah serangan broken link hijacking, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, selalu periksa tautan di situs web Anda secara teratur untuk memastikan bahwa tautan tersebut masih berfungsi dengan baik. Jika Anda menemukan tautan yang rusak, segera perbaiki atau hapus tautan tersebut.

Kedua, gunakan alat seperti Google Webmaster Tools untuk memantau tautan yang menuju ke situs web Anda. Jika Anda melihat tautan yang mencurigakan atau tidak dikenali, pastikan untuk memeriksanya dan hapus jika perlu.

Ketiga, perhatikan tautan yang berasal dari situs web lain. Jika Anda curiga bahwa tautan tersebut mengarah ke situs web penyerang, jangan klik tautan tersebut dan segera laporkan ke pihak yang berwenang.

Berikut contoh kode untuk mencegah serangan broken link hijacking:


<a href="https://contoh.com" rel="noopener noreferrer">Contoh Situs Web</a>


Dalam kode di atas, "noopener noreferrer" adalah atribut tambahan yang dapat diterapkan pada tautan untuk memberi tahu browser bahwa tautan tersebut tidak boleh membuka jendela baru atau mengirim referer ke situs web tujuan. Hal ini dapat membantu mencegah serangan broken link hijacking karena penyerang tidak akan dapat mengetahui dari mana sumber lalu lintas berasal.

.

0 Komentar