Situs Kemendagri Dibobol Lagi Oleh Hacker

Tangkapan layar


Pada hari Minggu, 4 Juni 2023, situs resmi milik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi korban serangan hacker. Situs yang biasa diakses oleh masyarakat umum tersebut diretas dan mengalami perubahan pada papan running text yang berada di laman situs tersebut.

Pada papan running text situs kemendagri.go.id terdapat pesan yang memberitahu bahwa situs tersebut telah berhasil diretas oleh sebuah kelompok hacker, yang bertuliskan "HACKED BY ./UNN0RMAL x N4Y4 ~ 4Entity Team" serta "Hacked By 5KY 4E Ft N4Y 4E - 4 Entity Team".

Hal ini tentunya cukup mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, terlebih situs resmi milik Kemendagri berisi informasi mengenai kebijakan pemerintah terkait perkembangan terbaru di dalam negeri.

Hacker yang melakukan tindakan merusak tersebut memang belum diketahui siapa identitasnya. Namun, tindakan seperti ini tentunya merugikan pihak Kemendagri yang harus mengalami kerugian finansial untuk memperbaiki kerusakan di situs resminya.

Selain itu, perusakan terhadap situs resmi Kemendagri juga tentunya memengaruhi kredibilitas dan citra pemerintah Indonesia di mata masyarakat dunia.

Masyarakat Indonesia perlu menyadari bahwa serangan hacker bisa terjadi pada siapapun, bahkan pada situs milik pemerintah sekalipun. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia harus mengantisipasi dan membangun sistem keamanan yang lebih baik agar tidak mudah diretas oleh hacker.

Masyarakat juga harus terus meningkatkan kesadaran dalam menggunakan internet dan teknologi informasi sehingga bisa menghindari serangan hacker yang merugikan. Kita bersama-sama dapat mencegah tindakan-tindakan merusak seperti ini agar situs resmi pemerintah tetap bisa memberikan informasi yang berguna untuk publik.

0 Komentar